10 Hal Baru yang gw alami di Jerman

Sejak gw pindah ke Jerman 4 bulan lalu, ada beberapa hal baru yang gw alami. Menurut gw sih positif negatif hehehe.. Gw pengen dokumentasiin hidup gw, hence this post. Kali aja tar kalo dah biasa trus baca post ini bisa ngakak2 sendiri. :P So now, after dah mo kelar satu semester (ga kerasa euyy), berikut apa yg gw alamin hehehe..

1. Bantalnya bedaaa

kalo di Indo, bantal kepala kan bentuknya persegi panjang tuh, trus bareng ma guling. Nah kalo di Jerman, ukuran defaultnya malah persegi alias kotak dgn ukuran 80 x 80. Seprei yang dijual jg kebanyakan gitu deh. Another differences would be si bantal perseginya itu kempes gitu ga dense, tp tetep empuk sih, cuman yah sekali taruh kepala, rasany lsg jeblos wkwkwk. And yess, no guling. Sekarang karena summer, selimut sering gw jadiin guling deh drpd kepanasan hahahha.

2. Macet

Pindah ke eropa, gw pikir bakal bebas macet... eeee, ternyataaa Jerman bisa kena macet jg. Tp yah teratur gitu macetnya, masih dalam jalur ga kayak di jkt yg ampe ga ada space di jalan. Yang lucu, banyak kontruksi gitu kan di jalan tol, temen2 gw orang jerman pada komplain bandingin sm Belanda, katanya kalo di jerman nih konstruksi di jalan tunggu taon depan dah blm tentu kelar juge, kalo di Belanda, sebulan dah kelar. Hahha, rumput tetangga lebih bagus emang. Apa kata kalo ama Indo yeh?


3. Telat

Sebelum pindah, gw dah tau stereotype orang jerman yang selalu on time. And with that gw expect smua2nya disini on time. Nah, while emang sih kalo lu janjian ma orang Jerman, u better be on time. TAPI, entah kenapa 80% tiap kali gw mo naik kereta... pasti telat hahahhaa, udah gitu telatnya bisa parah gitu. First time gw naik kereta di Jerman itu dari Berlin ke Dusseldorf, delay ampir 2 jam bok! Kereenn dah. Ternyata di negara ini bisa delay juge. Untuk kereta antar kota paling sering bok delaynya --', kayakny di Indo masih lebih mending deh utk jadwal kereta antar kotany on timenya ga karuan hahha.


4. Sampah

Disini, sampah tuh kalo mo dibuang kudu dipisahin. and yg pisahin yah lu sendiri of course. Jadi kalo lu ke tempat tinggal gw, tempat sampah gw bagi. Ada yang khusus plastik, kertas, and organik. Nah nantiny tuh bakal dibuang accordingly ke kotak sampahnya masing2. Untuk gelas beda lagi tapi, and kudu lu pisah based on warna gelasnya: bening, ijo or coklat. :) Trus ada kotak buat baju2 bekas juga hehehe.


5. Recycling Machine (Pfand)

Gw paling demen ama yang ini! Why? karena selain gw go green, I also get my money back! Hehehe.. Caranya? jadi, tiap kali lu beli botol minum (biasany air gitu), nantinya pas dah abis, jgn dibuang si botol plastiknya. Si botol2 itu bakal gw kumpulin, tar kalo dah banyak, I'll go to the nearest supermarket trus gw masukin ke mesin daur ulang deh. Per botol yang gw masuk, I'll get money! hehehe, techically itu duit yang dah gw keluarin pas beli botolnya sih and now dibalikin doank. But still, MONEY! #cheapskate


6. Free Transport!

Well, ga free2 amat sih sebenarnya hahha. Untuk setiap student yg belajar di Jerman, lu bakal kudu bayar semester fee (kalo uang kuliah sih gratis), nah semester fee nya ini digunakan buat organisasi mahasiswany, kantinny and transport! The price buat univ gw semester ini sih 217 euro. Dari situ lu after enroll bakal dapat studenten karte (student card) in which bisa lu gunakan sebagai tiket transport lu. Asli deh, gw tiap kali naik bus tingga flash my card and duduk deh smpi tempat kedatangan! hehehhe.. I love Germany :P. Tiket gw ini berlaku untuk se-state (satu provinsi), jadi kalo gw mo naik kereta regional, subway, bus selama masih dalam provinsi gw - Gratis! :P
Trussss, karena gw tinggalny di NRW (Nord-Rhine Westfalen) gw jadiny bisa ke Dusseldorf, Cologne, Dortmund even ke Nijmegen (ini kota di belanda) and all gratis :P.... Aku senangg hahahhaha..
Oleh karena itu, daku bisa jalan2 banyak. Not becoz gw punya duit banyak, tapi karena gratis! :P


7. Sunday is HOLIday (seriously!)

Hari minggu siap2 aja, kota gw yg kecil ini = kota mati! Hahahhaa, nothing is open except for a few restaurant and A bakery. Lu mo ke kota gede pun sami mawoonnn, jangan harap deh ada supermarket  or toko2 yang buka pas hari minggu. UNLESS, lu pergi ke hauptbanhof alias stasiun kereta utama yang adanya di kota gede. Jangan harap ada mall yg buka pas minggu hahahha.. smuanya istirahat! restaurant2 aja paling yg buka, tp kalo misalny lu mo shopping2 gitu, ngarep dah! Mo belanja baju? beli pas sabtu aja. Kota gw yang kecil ini, kalo minggu yah.. sunyi sepi.. wkwkwkwk...


8. Pulsa/kuota MAHAL!

Oh how i miss betapa murahnya pulsa di indo! hiks.. disini sekali isi pulsa itu 9.9 euro (kira2 ampir 150rb) untuk kuota 750MB!!!! simpati gw dulu 2 GB (dah 4G pula) sebulan cuman 80rb (5.5 euro laa). Tp si 9.9 euro ini baru muncul paketnya krn mereka "baru" implement 4G (shock ga lo kalo di indo ternyata dah lbh duluan muncul 4G??), sebelumnyaa paket pulsa yg gw pake itu 13 euro utk kuota 500MB per bulan, T_____T sedih ga lo?


9. Susu MURAH!

Untuk susu, gw demen minum yg fresh kotak gitu, nah kalo di Indo dulu kan mahal tuh si greenfields, (harnya 20rban) jd beliny sesekali doank hehehehe. NAH, disinii.. cuyyyy susu (enak pula) harganya 45 cent!!! alias 7000 rupiah laah kurang lebih. Busyet dagh murah abis!


10. Roti, Kue, Kue... KUE!!!

I have a sweet tooth. (guilty as charged!), disini dimana2 ngeliat bakery bawaanny ngiler mulu deh T___T, me love the cakessssss... roti pun enyaaakkkk..... oh cheese cake, lemon roll cream, chocolate cake dsb, dst.... oh lemak.... huiks......



Comments