Thanksgiving Thursday: Crazy love



Lama tak menulis buat thanksgiving Thursday.. hahaha.. sekarang mw bersyukur buat sebuah buku yang memberi dampak yang lumayan signifikan buat gw...

"Teman2 yg mau baca lebih banyak lagi thanksgiving dari orang lain atau mau ikutan give thanks to the Lord, go to: www.thanksgiving-thursday.blogspot.com"


Buku ini sudah gw habisin sekitar 2 minggu lalu actually, dan begitu banyak hal yang gw diingatkan, ditegur, ditampar, bahkan dihibur pula.
















After reading the book, it is no wonder kalo nih buku is New York best seller. Sampai over 1 Million Copies sold. hahha..


How do I know this book?
pertama-tama, gw tahunya dari majalah pearl dan di dalamnya ada rubrik yang mempromosikan buku ini.
link untuk majalah pearl bisa ke sini..
http://www.majalahpearl.com/

Thank God for Pearl magazine.. :)

When I saw the book, tanggapan pertama gw adalah, wuiihh.. Nice Design!! I love the layout, typography (designer abis..) hahaha.. tapi bener, design bukunya gw demen banget >.< ; later on, I find out the layout design inside the book is indeed very nice as well :)

How do I get this book?
Nah, karena gw males beli buku, dan walau designnya menarik; Nih buku ga gw gubris pada awalnya.. huahahahaha.. sampai pada suatu hari, pas retreat kampus, ada temen gw yang sedang membaca buku "When God writes your LIFE story" (bukan love story yah..); gw datengin dia, pengen pinjam tuh bukunya.
Karena dia belum kelar baca bukunya, gw pikir ya sudah lah.. nanti2 saja, tahu2nya, gw disodorin buku lain.. yakni buku ini, "Crazy love" -Overwelmed by awesome GOD; saya terima dengan senang hati deh.. hihihi...

Thank God for temen seiman yang mau melihat temannya bertumbuh lewat buku.. hehehe :)


What do I think of This book?
The book is AWESOME!!!
hehehehe...
Warning: Spoiler alert!
Dari awal buku ini gw baca, si pak Francis (penulisnya) sudah ngajak gw buat merenungkan Tuhan, selama ini apa tanggapan, image, kesan God buat gw. Apakah saya mencintai Tuhan? Jika iya, bagaimana? dsb, dst.
Dia (pak Francis Chan - mulai sekarang gw sebut Mr.C aja yah.. ) ceritain betapa hebatnya Tuhan kita, dia mencipatakan bumi, menciptakan kita, ekosistem ini, makhluk hidup, ketergantungan akan satu makhluk hidup dengan yang lainnya (simbiosis), ke-anekaragaman makhluk hidup, betapa uniknya seekor binatang -cara dia mempertahankan hidupnya, bernafas, mencerna makanan dan seterusnya.. -> gw diajak untuk kembali mengagumi Tuhan itu. Such a wonderful, amazing, awesome God I have.. :)
Kemudian seiring gw membaca bukunya, gw diajak untuk mempertanyakan diri gw sendiri. Bagaimana relasi gw dengan Tuhan selama ini? Apa motivasi gw melayani Tuhan? Apa motivasi gw deket sama Tuhan? Mengapa gw aktif pelayanan? Untuk apa sih gw melakukan hal-hal kekristenan ini buat Tuhan? Landasannya apa?
Melewati buku ini Tuhan berbicara sama gw,
"Nike, Selama ini kamu melayani saya karena kamu CINTA sama Saya atau karena kamu pengen masuk surga atau karena kamu takut sama Saya?"
Gw disadarkan bahwa banyak hal yg gw lakukan itu ternyata ga pure buat Tuhan, banyak hal yang gw kerjakan walau labelnya adalah pelayanan, namun motivasi gw masih banyak saja untuk boasting myself, my talent, my ability; pokoknya semuanya itu arah dan tujuannya adalah SAYA (hiks..); Thank God gw disadarkan buat hal ini..

Hal-hal selanjutnya yang dibahas dari buku ini buat gw paling signifikan adalah penyerahan sesungguhnya kepada Tuhan. Dimana when we love GOD, kita harus menyangkal diri...

Matthew 16:24-26
New International Version (NIV)
Then Jesus said to his disciples, “Whoever wants to be my disciple must deny themselves and take up their cross and follow me. For whoever wants to save their life will lose it, but whoever loses their life for me will find it. What good will it be for someone to gain the whole world, yet forfeit their soul? Or what can anyone give in exchange for their soul?

Romans 12: 1-2
New International Version (NIV)
Therefore, I urge you, brothers and sisters, in view of God’s mercy, to offer your bodies as a living sacrifice, holy and pleasing to God—this is your true and proper worship. Do not conform to the pattern of this world, but be transformed by the renewing of your mind. Then you will be able to test and approve what God’s will is—his good, pleasing and perfect will.

Dari dua ayat tersebut yang gw harus memberikan diri gw (my bodies) as A living (ini continuously) Sacrifice (indo= pengorbanan -> I shall have no control over mine)
Thus, for me, menyangkal diri itu adalah penyerahan secara total sama Allah. Di dalam buku itu, Mr.C ingatin readersnya bahwa Tuhan itu pengen yang terbaik bagi kita, Sudah sepantasnya bukan kita menyerahkan diri kita sepenuhnya sama Dia? Tapi, since I am a "Control Freak"; menyerahkan diri ini sangaatttt susah... mengapa? secara lu harus meninggalkan kendali atas hidup lu pribadi dan menyerahkannya sepenuhnya terhadap Tuhan.
Banyak ketakutan dan kekuatiran yang gw pikirkan WALAU Tuhan sdh bilang sama kita2 (dalam bukuny jg dibilang) untuk ber-IMAN, bahwa rencana Tuhan ada rancangan-rancangan yang indah buat hidup kita.
Inilah harga yang besar yang harus gw bayar. Banyak orang yang ketika mereka percaya sama Yesus, hidupnya diubahin, mereka bisa langsung punya iman yang gede (Bersyukurlah kalo engkau adalah salah satunya) namun tidak demikian dengan gw. Gw harus struggle, for me, Faith is a conscious Choice that I make. Setiap hari gw diperhadapakan oleh banyak situasi dan faktor-faktor yang membuat gw bertanya apakah Iman gw terhadap Tuhan adalah hal yang benar. Apakah penyerahan diri gw yang total ini benarkah? atau masih haruskah gw mengontrol sesuatu dari diri gw dan ngasih Tuhan kontrol cuman 90%?

Lewat pertanyaan2, pergumulan2, Thank GOD, gw masih selalu diingatkan oleh janji2 Tuhan. Gw bersyukur bahwa lewat buku ini, dibagian akhir, Mr.C memberikan contoh orang2 Kristen dan hidup mereka yang diberkati Tuhan setelah pada bagian2 pertengahan buku ini gw dibuat berpikir dan bergumul sangat berat tentang penyerahan hidup gw.
Contoh-contoh yang Mr.C kasih adalah orang-orang Kristen yang bergumul dengan iman mereka, dan mereka memilih untuk menyerahkan diri secara Total terhadap Tuhan dan Tuhan memberkati hidup mereka. Mereka diberi sukacita dalam melayani Tuhan lewat panggilan hidup mereka.

Conclusion
So, apakah gw masih sering ragu untuk memberikan diri gw terhadap Tuhan? Masih, jujur saja, dan iblis sangat senang membuat gw ragu trus-trusan (grr..) Namun, tiap kali gw diperhadapkan dengan hal2 ini, gw bersyukur gw masih bisa mengambil keputusan untuk beriman, gw bersyukur gw masih dimampukan Tuhan untuk memenangkan peperangan batin gw ini hari demi hari. Dan gw bersyukur lewat buku ini, gw disadarkan bahwa, conscious choice yang gw ambil itu bisa gw lakukan karena Tuhan masih sayang sama gw, Dia pengen gw bertahan, menang. Dia pengen gw mengambil keputusan untuk keep following Him supaya gw bisa belajar untuk mencintai Dia lebih dalam lagi.
Terkadang gw lelah untuk berperang batin ini, namun gw bersyukur Tuhan ingatkan gw untuk melihat siapa sih diri gw ini dibandingkan Tuhan? He doesn't give up on me and so shall I.. :)

So, Read it, it's a book worth reading for!!! ;P


P.S:
Lewat buku ini gw diingatin lagi oleh mazmur favorit gw, ini adalah mazmur yang kalo gw baca no matter when, where, how; gw akan selalu terharu membacanya. Terharu karena Allahku ini sangat luar biasa, Dia sangat mengenal gw.. :)
Read it dan renungkan..


Psalm 139
New International Version (NIV)

You have searched me, LORD,
and you know me.
You know when I sit and when I rise;
You perceive my thoughts from afar.
You discern my going out and my lying down;
You are familiar with all my ways.
Before a word is on my tongue
You, LORD, know it completely.
You hem me in behind and before,
and You lay your hand upon me.
Such knowledge is too wonderful for me,
too lofty for me to attain.


Where can I go from your Spirit?
Where can I flee from your presence?
If I go up to the heavens, You are there;
if I make my bed in the depths, You are there.
If I rise on the wings of the dawn,
if I settle on the far side of the sea,
even there Your hand will guide me,
Your right hand will hold me fast.
If I say, “Surely the darkness will hide me
and the light become night around me,”
even the darkness will not be dark to You;
the night will shine like the day,
for darkness is as light to You.


For You created my inmost being;
You knit me together in my mother’s womb.
I praise You because I am fearfully and wonderfully made;
Your works are wonderful,
I know that full well.
My frame was not hidden from You
when I was made in the secret place,
when I was woven together in the depths of the earth.
Your eyes saw my unformed body;
all the days ordained for me were written in Your book
before one of them came to be.
How precious to me are your thoughts,God!
How vast is the sum of them!
Were I to count them,
they would outnumber the grains of sand—
when I awake, I am still with You.


If only you, God, would slay the wicked!
Away from me, You who are bloodthirsty!
They speak of you with evil intent;
Your adversaries misuse your name.
Do I not hate those who hate you, LORD,
and abhor those who are in rebellion against You?
I have nothing but hatred for them;
I count them my enemies.
Search me, God, and know my heart;
test me and know my anxious thoughts.
See if there is any offensive way in me,
and lead me in the way everlasting.


Comments

Felhis said…
hello yukinike,

iya, aku pas baca buku itu, luluh lantah hati ku, ditiap Bab.
Disadarkan bahwa love from God is "Crazy Love"
Yuki nike said…
@felisia: bener banget.. T__T
Irene Salomo said…
hohohoho....jd makin penasaran dg buku ini :p
gw jd diingatkan lagi, kadang2 dg rutinitas hidup yg terus mengalir spt ini jd krg berserah sama Tuhan. benar2 perlu terus mengingatkan diri sendiri u/gak cuma berserah saat hidup lg 'sulit' ato saat lg mo ngambil keputusan, tp benar2 setiap saat. thanks for writing eun, sering2 ya wkkwkw....
Yuki nike said…
@irene: hehehe.. sip2.. :)
Viryani said…
aku panggil kamu apa ya?
ada book fair loh di citraland :) aku ngeborong kmrn hehe.. sampe tgl 20 aja..
Yuki nike said…
@viryani: panggil nike atau eun aja.. :)
oh yah??? errmm.. -.-' aku mau beli buku, tapi stok buku di kosan jg masih blm abis2.. hahahaha.. thanks for the info btw :)