Memahami Perjanjian Lama I











Hello2, kali ini mau review buku lagi nih.. buku satu ini baru selesai gw baca kemaren.. *sigh*
rasany info2 yang gw dapat dari buku terlalu banyak sampai meluap2.. :P

Buku ini sebenarnya terdiri dari 3 seri memahami perjanjian lama, gw baru kelar baca yang pertama saja and there are a lot of things stuffed in my head already.. hehehe... Yang nomor 1 ini dia membahas dari kisah kejadian sampai kisah raja Salomo berakhir.. Jadi bagian Raja-raja setelah Raja Salomo sampai pembuangan Israel ke Babel itu dibahas di buku 2 dan masa2 setelah itu dibahas di buku 3. This time gw ulas yang buku 1 dulu yah.. hehehe...


Why Reading this book?
For me personally, gw lebih demen baca perjanjian baru daripada perjanjian lama. Why? karena perjanjian lama itu muluk2, contohnya kitab pentateukh/hukum itu gw males banget bacanya, isinya ga boleh ini ga boleh itu, kalo itu masih kayak 10 hukum taurat ya okelah.. masih bisa masuk akal tapi kalo hukum2 yang sdh mendetil2 kayak hukum buat orang kusta lah, orang kalo lahiran, kalo mau ngasih korban, kalo mau perang, dsb, dst, etc. Yang kayak gitu2 tidur gw bacanya.. hahha, adany gw skimming --'
Nah, trus memasuki kitab hakim2, raja2 gw sebel aje sm si Israel, ceritanya sdh bisa ketebak mereka nyeleweng dari Tuhan trus Tuhan marah n izinin bangsa lain jajah mereka, Israel sadar, teriak balik sm Tuhan, Tuhan bangkitkan seorang hakim, Israel menang perang, trus hakimny tar mati, Israel balik lagi.. doh, bosen... -> kayak mau baca novel tapi sdh tau alur ceritanya duluan jadi males duluan deh.. hehehe..
lebih lagi pas masuk raja2, tawarikh, doh.. sama juga bisa ditebak ceritanya, mirip.. --'
kemudian kitab2 puisi... nah, gw ini tipe orang yang ga demen muluk2, pengennya to the point, wich is why gw ga demen sama puisi.. --" hahhahaha.. jadi baca Amsal, kidung agung, Ayub, Mazmur, doh... saya males..

Tapi, gw sadar jangan karena gw males trus gw bodo aje sama tuh Alkitab, walau membosankan pasti kitab2 itu ada maksudnya kan? oleh karena itu gw beli neh buku, biar gw bisa mengerti maunya kitab2 ini tuh apa aje.. hehehe...


Hasilnya?
Dan hasilnya, jeng.. jeng.. jeng.. gw SANGAT diberkati.. *terharu*
lewat buku ini gw diajak untuk melihat maksud2 Tuhan lebih dalam lagi..
Buku ini membahas banyak hal, dia mengupas kitab demi kitab, kisah demi kisah dari sudut pandang arkeologi dimana ada penemuan2 yang ditemukan yang menjelaskan tentang adat istiadat orang2 jaman dahulu kala. hehehe..
Contohnya aja pas zaman Abraham dimana keluarganya kan pindah2 tuh, (yang menurut Alkitab itu karena Tuhan yang panggil dia keluar dari Ur); kenapa keluarga Abram (pas bokapny si Terah masih ada) pindah kota? trus ada juga penjelasan ketika Abram keluar ikut Tuhan ke tanah antah berantah, kenapa Abraham lewatin rute itu, kenapa ga ke arah lain? nah semua itu dijelasin lewat penjelasan yang ilmiah.
Kemudian yang membuat gw sangat "Wah" itu bahwa banyak kisah2 di perjanjian lama terutama bangsa Israel itu dipengaruhi oleh faktor2 politik dan sosial. Contohnya, Kenapa bangsa Israel itu suka balik menyembah Baal? Itu dikarenakan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena mereka ini pendatang, terbiasa dengan hidup nomaden selama 40 tahun, trus tiba2 mereka harus tinggal di tanah yang baru. Nah, secara manusia, pasti susah donk? adaptasinya, dari sudut ekonomi pun mereka bingung sendiri, politik apalagi.. sosial? mereka harus kenal2an dengan bangsa2 'baru' disekitarnya yang ga mengenal Tuhan. Dengan situasi seperti ini ditambah dengan vakumnya seorang pemimpin, mereka memilih jalan yang gampang yakni ikut2an agama orang lain.. seperti itu lah..

Membaca buku ini pun gw bisa berpikir akan betapa besarnya Kasih Tuhan, betapa Uniknya Tuhan dan bahwa Tuhan kita itu adalah Allah yang kekal, yang besar, berkuasa dan Cemburu. Dia adalah Allah yang diatas segala2nya, ketika agama lain bisa 'menyogok' tuhan mereka, Allah kita tidak, Dia adalah Allah yang menginginkan penyembahan secara total dimana hidup kita harus mencerminkan bahwa kita mencintai Allah. Sementara Agama2 lain tidak membutuhkan pengikut2nya seperti itu. Contohnya: Agama orang2 Kanaan yang menyembah Baal, mereka menyembah Baal karena mereka ingin kesuksesan buat ladang pertanian mereka dan itu dilakukan di kuil dimana para petani ini berhubungan seks dengan pelacur bakti. Tujuanny? buat nyogok si Baal, karena katanya ketika ladang mereka kering, itu karena si Baal lagi mati dibunuh sm dewa apalah gitu, dan yg bisa bangkitin dia itu adalah si Anat yang adalah dewi kesuburan (fertility). Agama2 Kanaan menghubungkan antara kehidupan pribadi orang2 dengan ritual agamawi mereka. Oleh karena itu, Allah Israel dilihat sebagai Allah yang berbeda karena Dia require orang2 Israel untuk hidup secara total dalam penyembahan kepada Allah. Bukan cuman karena semata-mata buat ritual Agamawi. (kalo cuman ritual doank, yah apa bedanya Allah Israel dgn yang laen?)

Kemudian banyak tuh adat istiadat Israel, alasan2 politik kenapa tokoh ini begini, tokoh itu begitu, kenapa Yerusalem jadi center Israel, ada apa dengan Bait Allah.
Juga dibahas tentang penulis2 kitab2 Amsal, Pengkotbah, Mazmur, Kidung Agung dan Ayub. Dimana gw diajak untuk melihat dari sudut pandang untuk mengenal penulisnya, gw bisa ngerasain pergumulan si penulis, mengapa si penulis tulis kayak gini, sikonnya gimana? dsb, dst. hehehe.. Pokoknya, by the end reading this book, gw bener2 kepenuhan pengetahuan.. hahahha.. It's too much. Dan gw semaking Amazed, Overwhelmed by how Awesome our God is. Dia adalah Allah yang Hidup yang berkuasa diatas segalanya dan dia merancang hal-hal yang indah sampai sedetil-detilnya. *jaw dropped*

jadi pengen nyanyiin nih lagu hymn; "How Great Thou Art" :)
O Lord my God,
When I in awesome wonder
Consider all
The world Thy Hand hath made,
I see the stars,
I hear the rolling thunder,
Thy pow'r throughout
The universe displayed;
Refrain:
Then sings my soul,
My Saviour God, to Thee,
How great Thou art!
How great Thou art!
Then sings my soul,
My Saviour God, to Thee,
How great Thou art!
How great Thou art!

Comments

Felhis said…
terbitan mana ike buku ny,.
itu bukunya jenis dalemnya artikel gitu , apa pertanyaan2 pendalaman ?
Yuki nike said…
aku belinya di gereja sih lagi ada bazaar buku pas itu, tapi kemarin nyari imagenya, di lilin kecil ada ternyata.. ^^
bukunya artikel informasi, sekilas seperti belajar teologia sejarah Israel.. hehehe.. ga ada pertanyaan pedalaman Alkitab sih, tapi aku pribadi tiap kali baca beberapa perikop jadinya merenung sendiri, kalo ga pusing :S info2nya terlalu banyak.. hehehe..