Belitung Trip Day 3


Ga tau punya siapa, tp too cute utk ga difoto :P

Day 3: Tanjung Pandan

To see day 1 post, klik here
To see day 2 post, klik here

Hari ketiga di itinerary kita tuh isinya hari jalan2 tanpa mobil hehehe.. (We have done this before pas di bali) jadi bener2 jalan kaki keliling kota Tanjung Pandan. Dari hotel berbekal google map and list of the things we wanna try (baca: food), maka berjalanlah kita dgn sunblock yg banyak diolesin ke tubuh.
We walk.. Walk... Passing resto lucu (thinking ini tempat makan malam nanti), passing tempat oleh2 (thinking tar beli oleh2 pas pulang disini), passing the center of the city yg ada si batu satam.

me and tugu peringatan gitu
u see si item bulet ditengah? Dat's si Batu Satam 


Tujuan pertama kita itu si mie belitung yg sebagai makan yg 'musti dicoba' katanya.
Found the place, eat there with minuman jeruk kunci (Kayak jeruk nipis tp seger gitu.. This is the official drink of the trip). Disini banyak foto2 orang2 terkenal yang pernah makan disini, dipajang ma pemiliknya di dinding2 resto.
Mie Belitung




I dunno about you, tp menurut gw ama temen2 gw, mie ini agak overrated sih hahha... Apa karena lidah kita aja yg beda kali yah? Personally, karena gw terbiasa ama makanan super gurih (manis asinnya kenceng.. maklum orang makassar hehehe), si mie belitung ini rasanya manis doank. :S
Or probably coz kita makan dah keringatan jadi dah ilang garam dalam tubuh? oh well..


Then afterwards we walk2 buat nyari soto mie. Jalan dari tempat mie belitung agak jauh juga baru kita bisa sampai ke tempat soto ini. Restonya terpencil bangett and kayak warung gitu. Kita pun dapetnya setelah berkali-kali nanya ke warga ttg keberadaan soto ini hahha. Finally found it, it really taste soooooo nice. Mendingan makan ini dah daripada si mi belitung. Again with si jeruk kunci as minum.
Soto Belitung & si jeruk kunci

After re-applying sunblock, jalan lagi deh kita di bawah sinar matahari yg terik and puanaass abis siang bolong. Jalanny balik arah ke arah si mi belitung

Nyari kopi terkenal di tanjung pandan (ga ketemu2 walau sdh melalui seluk beluk jalan tikus) hahaha.. So kita lanjut mo ke rumah ... (Yg istrinya banyak) only to find out.. Tutup.. Eaa.. Ya wes, jalan lagiii.. Lanjut ke arah yg ga jelas.. Tp sepertinya kita di arahkan ke museum Tanjung Pandan.

Masuknya cuman bayar 2000 rupiah. Sebagai orang yg lumayan demen liat museum, daku kasihan liat nasib museum ini T__T, walau ada yang jaga, tp yah keliatan aja kalo maintainanceny rada kurang. Debu dimana-mana. Lebih kasihan lagi juga karena banyak org yang can't really appreaciate museum sih makany sepi. *sigh*

Aniweee, jd di museum ini ada ttg tambang timah and ikan2, trus sm guci2 kapal cina yang katanya karam deket laut belitung. Gw mulai dengan melewati bagian sejarah kapal tambang timah, ada ikan2 raksasa juga, trus lewatin batu-batuan (termasuk si batu satam itu ada juga), maket 3D pertambangan timah (jadi ngerti gw kenapa si kaolin bentuknya gitu and how deep it actually is), trus ampe ke budaya-budaya cina then end with liatin guci2an.

Si kapal(?) tambang

piring2 antik

batu-batuan

Rupanya, museum ini dulunya museum geologi, makany banyak batu2an, tp trus lama-lama diubah jadi museum Tanjung Pandan.

Maket tambang timah




Guci bekas kapal karam dari Cina

Disini agak lama dikit, kita duduk2 secara dah jalan kaki lama abis bahahaha..
Dah puas, skrg balik ke hotel jalan kaki lagi. Lewatin pantai tho.. Tp ga bisa dipake renang.. Jadinya kita pake buat foto2 "ilang" hahha
Where are we?

Then lanjutin go back to hotel. Otw dibuntutin orang gila, jd kudu sembunyi dulu ke hotel seberang, baru deh balik ke kamar hahahhaa..
Istirahat and mandi..

Trus sorenya jalan kaki lagi, pergi ke beli oleh2 di tempat yg tadi dilewatin..
Then afterwards we eat dinner at this unique place :P a.k.a Rumah Makan Belitong Timpo Duluk
Outside view, very homey


Inside interior, lucu abiss

Numpang narsis dulu hihihi...


After puas foto2, kita order drinks and food.. and can i say, I had the best teh tarik in my life... *chorus*

yg cupnya gede itu dingin, mine is the small one karena gw ordernya hot

Pepes something sm gorengan

I Honestly lupa nama makanan ini, but it taste good! 

After perut kenyang, we walk back to the hotel and continue tepar...

Dat's it for day 3 :)


Click here for Day 4 & 5


Comments