Balik ke Tanah Lahir



Gw pindah ke Jerman! Setelah berkutat nyari2 beasiswa demi bisa ke tanah eropa, akhirnya.. Tuhan mengizinkan kesempatan untuk pergi juga. Seperti banyak yang sudah tau, gw dah mendoakan kesempatan untuk lanjut kuliah lagi semenjak tahun terakhir S1. Dan karena gw pikir kebanyakan beasiswa S2 require work experience minimal 2 tahun, jadinya gw memutuskan untuk kerja dulu. So, kira2 setahun setelah kerja, gw apply2, nyari2, ambil IELTS juga and berharap bisa lolos hehhee..

Since then, I've tried Vice Chancellor Scholarship, Chevening (ampe 2x) and LPDP, ga lolos semua hahahha.. Sempet sedih and agak2 depressed juga. Terutama ketika lu liat temen2 deket satu per satu pergi abroad, gw jadiny bertanya juga, God, am I not good enough...? Paling sedih pas I have to say goodbye to my bestie yang berangkat ke UK duluan. Padahal pas kuliah we dreamt to study abroad together and travel bareng hehe.. ehhh, dia malah pergi duluan --'.

But God is good, walau gw ga mendapatkan apa yang gw mau (at the time), tapi He made me went through A LOT of things, yang eventually membentuk mental gw and mempersiapkan gw untuk moment ini. :) And during those teary moment, He is faithful! Dia GA pernah ninggalin gw :')

Then, pas quarter terakhir tahun 2015, gw mulai give up nyari2 beasiswa ke UK and mulai cari di negara lain (still in Europe). Trus karena gw lahir di Jerman, gw pikir yah at least negara ini familiar, kali aja status lahir di Jerman actually buat jadi lebih gampang? wkwkwk... Anyhow, since Jerman itu negaranya free education (termasuk S2) gw pikir oke lah, tinggal bayar biaya hidup aja berarti which I think I can afford sambil kuliah smbl kerja. So, mulai lah gw nyari2 di Jerman.

Nyari2ny lumayan susah sih hahha, gw pengen jurusan yang ada hubunganny sm art dikit (secara gw bg ny designer gitu loh), berhubungan dengan perkembangan zaman yang digital ini, trus course nya harus dalam bahasa inggris (Ich spreche nicht Deutsch hahha) + kudu GRATIS! hahha. Kebanyakan yg gw mau udah jurusanny cihuy, pake bahasa inggris pula... eeehhhh, karena swasta, hrs bayar T____T.... aku tak sanggup buat bayar hiks.

At last, gw ketemu sekolah yang memenuhi smua kriteria gw tsbt. Tapiii, kotanya antah berantah gitu hehehe.. gw serahin keputusan ke ortu gw deh. I asked, ini gimana, papa mama setuju gak? aku sendiri siap untuk pergi. (i've saved enough soalny buat pergi). Ortu bilang Ok, akhirnya apply lewat uni-assist, nunggu few weeks then got confirmation kalo berkas gw dah dikirim ke univ.

Tanggal 29 Januari 2016, jam 5 sore, akhirnya gw dapet email dari Univ yang isinya Zulassung (LoA) gw! Pas dapet emailnya.. gw dari excited langsung jadi takut sendiri hahhahaha, This is getting real! Yang lucunya pas jam tersebut, my bestie baru balik dr UK! so yeahh... hmmmm...

Senin pagi, gw dapet kabar opa gw meninggal. So, pagi gw ke kantor, after weekly meeting, gw ngmg ke bos gw: ngajuin resign + izin pulkam ke mks krn opa gw passed away. Kalau dipikir2, everything kayak dah diatur Tuhan banget, kepulangan gw ini sekalian pamit ke whole family jg. Since I've got cousins di Cina yg jarang pulang, ini dah kayakny reuni gede. And I'm sure grandpa gw jg pergi dengan tenang ketika whole family is together :)

Anyhow, setelah berduka, gw balik ke jkt lsg urus visa. Tips utk urus visa di kedutaan Jerman: ATUR DOKUMEN LU RAPI2!! kalo ga lu dijutekin abis sm mba2 loketnya!.. TERUS, karena setelah byk baca2 blog kalo visa studi jerman itu keluarnya gampang and cepet + mba2ny bilang kira2 2 minggu kelar lah, soalny dah ada LoA. Gw beli dah tiket gw ke Jerman hahha.. (which was scheduled for 3 weeks after).

Setelah panik2 ga jelas, akhirnya nykp + tante gw (mereka nganterin krn mo jalan2 jg) berangkat duluan deh. Gw baru tau kalo apply visa turis schengen itu ajubile cepet abis keluarnya --' sehari dah kelar bok! Visa gw keluar persis 4 minggu after pengajuan. Gw once again bersyukur krn tiket Turkish Airline gw ternyata fleksible bisa gw ganti2 waktunya (yg ptg less than 12 hours) selama kelas gw masih ada... jd ga kena extra charge! Haleluyahhh! At last, on March 9th, gw terbang deh dari Jakarta - Istanbul - Berlin. Penerbangan yang gw dah ga tau berapa belas jam hahha, nyampe Berlin jam 11 pagi tanggal 10 Maret.

Stayed for a couple days di rumah sodara di Berlin, then naik kereta ke Dusseldorf, trus ambil kereta ke Kleve. Smua itu sambil bawa koper 6 biji, asli daaahhh.. --'. Dari Kleve then dijemput sepupu gw then we went to my little town, Kamp-Lintfort. Kota yang saking kecilny, ga ada jalur keretanya. Kemana2 kudu naik bus, trus ganti kereta, trus ganti2 lagi deh hahahaahha.

________________________________________

Anyhow, been staying in this city for more than a month now. Dah ketemu temen2 asik dari negara macem2 tentunya budayanya macem2 juga hehehe. Pretty excited with kuliah yg bakal byk visit2 exhibition! Dah ketemu local church juga with international community, and then visit Hillsong juga sih yang apparently ada di Dusseldorf :P. In less than 2 months gw di Eropa pun, gw dah keliling banyak kota wkwkwkwk. I've been to France and Netherlands (passing Belgium) too.

Very grateful thanks to student card gw yg menggratiskan transportasi di region gw. And since gw tinggalny di North-Rhine Westfalen, eke bisa ke Dusseldorf, Cologne, Bonn, Aachen, Duisburg ampe Nijmegen (ini dah Belanda) and more city di region ini GRATIS!.. Bus, Kereta, Kereta antar kota gede, u-bahn (semacam MRTny) All free! MUAHAHAHA.. Yah sebenarnya ga gratis jg sih, kudu bayar semester fee 220 euro ish hehe, but still, this is very very cengli!

All in all, kalo gw tilas balik, God has been faithful to me. He once told me kalo gw akan keluar negeri and study there. To which respon gw adalah, Ok God, aku ngikut aja hehehe.. Tapi ternyata baru dikasih pergi 3 tahun afterwards wkwkkw.. and with that pun, banyak hal yg hrs dilewati including ditolak scholarship berkali-kali. But once His timing dah dateng, buset dahhhh... everything cepet amet! Gw ga nyangka dalam waktu 3 bulan setelah ultah gw, I'm in Europe! I even got to see kota tempat gw lahir 24 tahun yang lalu, termasuk liat flat dulu fam gw tinggal, spielplatz (tempat maen) gw pas kecil + since mak gw reuni ma ibu2 bule temenny, gw reuni jg ama temen gw pas bayi dulu! (Which trust me, both of us ga kenal satu sama lain pastiny, jd kita ketawa2 aja hahhaha).

I've been nothing but very happy, very blessed! One of my dream untuk tinggal di Eropa telah terwujud. Once again Tuhan nunjukin His Love, Faithfulness and Provision upon me. I'm more than blessed! As cheesy as this might sound: Dreams do come true! :)



 This is Aachen, the city I was born.






This is the spielplatz yang kata nykp gw main2 disini dulu hehe.. :P

P.S: Karena banyak orang yang ga tau Kamp-Lintfort itu apa dan dimana, I'll make a post about it soon! :) Jangan karena kampung kecil, trus lu pikir ga ada apa2? well... partly true sih hahha, BUT it has more to offer ^^.





Comments

Unknown said…
wih gw baru tau lu lahir di Jerman. nicee :D. Have fun di sana, puas2in keliling eropa mumpung di sono >:)
Yuki nike said…
Hehehehe, yoiii, kudu cari duit dulu lagi tp! *Buat traveling!* Wkwkwkk