Nyari kerjaaa... Final part :)

This is part 4 (final part) of pergumulan cari kerja gw, if you haven't read the previous2 part here's the link :)
Part 1 click here
Part 2 click here
Part 3 click here

********


Besoknya (Hari kamis, 25 Oct 2012), bangun pagi, sarapan, sate, siap2, dsb. pergi deh ke kantor D naik taxi.. hehee, sambil di taxi, gw nelpon company F.
What I planned to say adalah:
1. Perkenalkan diri, sy kemarin yg ditelpon
2. Nanya masih bisa interview gak walaupun kemarin sy bilang tidak bisa karena sdh kerja? (kalo ditanya knp skrg bisa? alasannya adalah..
3. karena di company yg currently, saya masih under probation
4. And it is really my dream to actually work with you company F (basically mengelu-elukan company F hahahahha, which is true loh, gw emang bener2 pengen masuk company F ini)

What really happen adalah:
Me: Hallo, saya eunike, (perkenalkan diri), saya kemarin ditelpon sm mba untuk kesempatan jadi graphic designer. Saya mau tanya apakah kesempatan itu masih terbuka atau tidak yah mba?
F: Hallo, oh eunike yah? kemarin yang aku telpon yah? masih mba, mba masih mau?
Me: *shock kalo kesempatannya masih ada* oh mau mba, interviewnya kapan yah kira-kira?
F: Oh, mba yakin bisa? hari senin langsung masuk kerja yah mba? jam sekian, alamatnya di tempat sekian, blablablabla...
Me: *makin shock* langsung kerja? ga pake interview ato test2 gitu mba? *bingung*
F: ga, jadi nike langsung datang aja, trus kamu kita kontrak sebulan probation dengan gaji sekian, setelah sebulan baru kita liat kamu jadi karyawan tetap ato gak.
Me: *shock/bingung* (probation cuman sebulan, yakin neh?) ooooo..
F: jadi, kamu bisa?
Me: boleh mba, saya mau (merasa mujizat banget tiba2 jalannya jadi gampang gini)
F: oke, nanti saya telpon dulu tapi yah, sy ngomong sm user kamu dulu untuk mastiin, kira2 siang/sore kami telpon lagi yah. terima kasih
- telpon selesai -
Me: *speechless*


I really need you to know that, This IS INDEED a big company yang sdh established di Indonesia for 40 years, so the fact that gw langsung disuruh masuk kerja, tanpa tes apapun and probation cuman sebulan tentunya membuat gw sangat bingung and in awe bahwa jalan Tuhan cepet juga. hahahha,
tapi I try to hold myself dulu. tunggu smp second call dari dia dulu then, baru gw ngomong ke company D kalo gw mau quit.

So I waited, while working (again di tengah2 asap rokok - not only ampir smua smoke, mereka juga heavy smoker --'). Pas telpon ke2 muncul, gw angkat and bener2 gw di-offer, senin gw disuruh masuk kerja and tanda tangan kontrak.
I prayed for a while, say thanks to God and also minta kekuatan untuk go to the second plan/step - to quit my current job at D. gw ngomong sm orang Human Resourcenya then sm atasan gw and thank God mereka pahamin gw! T___T terharu gw, Tuhan sangat baik.
lucunyaa, on that day, not only it is my last day, tp there are 2 other people yg quit jg and salah satunya tuh atasan gw. jeng jeng jeng. . . . hahahaha. Oh well, gw ga ambil pusing dah yg jelas, I finish my job that day then pulang kantor and Goodbye!! hahahahhaa...


**********

Hari Senin, gw masuk kantor F, tanda tangan kontrak sebulan and continue working until today :)
I must say, emang ada beberapa missunderstanding, contohnya kayak ga mungkin rasanya gw bisa masuk tanpa wawancara ato tes2 apalah gitu. which is true, status gw sekarang itu magang and in few days I will go through some testss.. hehehe, whatever that is, gw percaya kalo tempat ini telah direncanakan Tuhan buat gw. secara jalannya mulus bangett boooo.. hehehe. and you know what?
most of my friend males kerja. me? I LOVE MY JOB! ^^,

So, What did I learned throughout this whole process?
I must say, A LOT!!! hehehehe..
1. Gw belajar bersabar (patience is indeed longsuffering), belajar beriman, berpegang pada pengharapan walaupun makin kecil aje, belajar berserah, stay still! which is very very HARD for me! karena gw tuh dibesarkan dengan ajaran If you want something, You go get it! Kesempatan itu hal yang dicari bukan ditungguin doank. Jadi gw selalu proaktif as long as ga bertentangan sm Firman Tuhan.. hehehe..
2. Gw kembali diingatkan akan How Great and Powerful my God is!
- Walaupun gw sdh salah jalan, Tuhan mampu kembaliin gw ke jalan yg benar! jadi sodara2 jangan takut if you choose the wrong way, Tuhan bakal setirin lu balik ke His way kok, selama lu mau aje.
- Cara Tuhan ngembaliin gw pun bikin gw amazeeddd banget, that week bener2 week yang bikin gw sport jantung, hari2 gw lewatin pergumulan tingkat tinggi gitu. hahaha, and tau2 Tuhan pake cara yang (at least menurut gw) ajaib :) apa yang gw minta, dikasih sama Tuhan, bahkan LEBIH!
3. Tuhan itu Baaaiiiiiiikkkkkkkk!!!! after kejadian itu, gw ga henti2nya tersenyum, bahkan pengen nangis saking betapa baiknya Tuhan sama gw. Bayangkan, setelah gw MENUDUH Tuhan hilang dari gw, ga jawab2 gw, ga ngertiin gw, Dia buktikan bahwa itu ga benar.
- He gave me what I originally want (remember kalo gw pada awalnya pengen kerja sm big company?) but BETTER (Company F ini puny visi/value yang mirip dengan panggilan gw)
- Ketika gw mulai minder, kehilangan kepercayaan diri, Tuhan kasih temen2 yang keep saying "Nike, You are good!" untuk menguatkan gw. Design is a very subjective thing, mungkin menurut gw bagus tapi blm tentu menurut orang lain. Thus why, others opinion really matter for me. And reassurance dari temen2 gw ini bener2 menguatkan! Thank God for very supportive friendssss!
- Tuhan izinkan gw untuk mengambil keputusan yg salah, only to show How great and Mighty He is! something yang personally gw sdh JARANG alami! gw sering experience God in my life, everyday I know God is with me (kayak kalo lagi jalan2 sendiri di mall, gw suka berandai2 ada God yang lagi jalan bareng gw, senyum2 liatin orang2 lalu lalang, toko2 and that makes me smile loh, simple thing but I know God is there with me :) ). Tapi untuk hal2 yg Dia buka jalan yang ajaib, secara out of the blue, fancy or dramatis, gw jarang alamin. So, This is a rare moment. hehehe,
- I Love my job! everyday gw bangun gw seneng tuh pergi ke kantor, hehehe..
- Kalian tau kan kalo gw sempet down banget, to the point I doubt myself really much? well, sekarang Tuhan bener2 hibur gw. even after gw dah masuk company F, kira2 dalam seminggu pertama itu, ada beberapa calls lagi dari agency2 lain for interview. Kurang happy apalagi gw? well, gw tau gw dah ada kerjaan, but these calls means a lot to me. It means that I am indeed a good designer. Tuhan bener2 mengembalikan kepercayaan diri gw yang sebelumnya almost hilang ditelen bumi. Gw merasa kayak Ayub, yang setelah diuji, Tuhan kembaliin semuanya ke dia berkali2 lipat. :P That's what happen to me.
4. Those 3 months was a period of my life which I think is a test. Tuhan izinin gw mengalami banyak hal termasuk galau2. May be some of you ask, so Did I pass the test? well, I dunno, hahahaha.. Hanya Tuhan yang tau. :) tapi personally, I feel I have achieved something. The fact that gw bisa bertahan percaya sm Tuhan, Tuhan punya rencana buat gw, (yang walau makin mengecil) tapi gw tetep percaya and mau berserah sm God's way that's an achievement yang pastinya gw lalui bukan dengan kekuatan gw melainkan Roh Kudus yang memampukan gw.
5. Tuhan itu lucu deh.. hahahha.. how can I say this? well.. setelah ini semua berlalu and gw renungkan kembali. Seakan-akan rasanya Tuhan tuh ngomong ke gw, "What did I say Nike? kamu saya suruh nunggu kan? hehehe.. nunggu bentaarrr lagi, cuman sehari doankkk, eh, kamu keburu ga sabar! ckckckck.." feels like Tuhan ngomongnya tuh dengan nada bercanda/teasing gitu.. bahahahahahaha.. iya deh God, maafkan anakmu yang ga sabaran ini.. *blush*

***************
Present:
Still working, hehehe.. Yah yang namanya tempat kerja ga ada yang perfect, tapi pergumulan2 gw sebelumnya membuat gw banyak bersyukur walaupun kalo dari sudut pandang orang lain tuh byk yg bisa dikeluhkan. :)
Sekarang sedang belajar untuk
1. senantiasa bersyukur (masa sdh dikasih yg gw mau, gw malah mengeluh2 sih? ckckck)
1 Thessalonians 5:18 (NLT)
Be thankful in all circumstances, for this is God’s will for you who belong to Christ Jesus.

2. gw juga belajar untuk setia dalam perkara2 kecil! pas kuliah gw jadi ketua sana sini, pas kerja eaa, start again from the bottom of the food chain.. hahahaha..

Luke 16:10 (NLT)
If you are faithful in little things, you will be faithful in large ones. But if you are dishonest in little things, you won’t be honest with greater responsibilities.


3. belajar untuk give all for the glory of God only. Kalo kerja tuh untuk Tuhan bukan buat manusia or untuk dapet duit. Ini bedanya orang Kristen dari yang lain. Walaupun gw disuruh ngerjain something yang mungking gw ga suka tapi I still MUST give my best in it
Colossians 3:23 (NLT)
Work willingly at whatever you do, as though you were working for the Lord rather than for people.
1 Corinthians 10:31 (NLT)
So whether you eat or drink, or whatever you do, do it all for the glory of God.

4. belajar hormat and tenang and bijaksana. (susah booo, gw biasanya suka komen sana-sini, but i know i must be wiser in using my mouth, especially sama atasan) sebagai anak baru gw hrs pintar balancing sana sini.. ;P

Matthew 10:16 (NLT)
Look, I am sending you out as sheep among wolves. So be as shrewd as snakes and harmless as doves.




_____

sekian, perjalanan gw masih panjang (kalo Tuhan izinin, hehehe) I need your prayer in anything, terutama hal2 yang sedang gw pelajari sekarang.
This post is indeed very very long that I need to divide into 4 part, jadi yah bear with me hehehehe..
Gw post hal ini pun bukan untuk menyombongkan diri, ato pamer ato apa pun yang mungkin menjadi batu sandungan. Melainkan karena gw berjanji sama Tuhan bahwa ketika gw sdh dapet job, I will tell the story/struggle and How He has helped me through it! I feel that it is indeed kewajiban gw sebagai anak Tuhan, sebagai orang yang telah mendapatkan kasih karunia Tuhan untuk bersaksi, membagikan pengalaman kecil ini kepada saudara sekalian. Kiranya bermanfaat.. hehehe.. :)

bagi yang sedang cari kerja and you're reading this post, SEMANGAT!!! it is hard indeed, tp try to enjoy pergumulan kalian itu, Tuhan sedang bekerja! ;)


Soli Deo Gloria O:)



Comments

Felhis said…
with God at the end is ada damai sejahtera saat kita jalanin, sekalipun jalan itu gak mulus, tapi yang penting kita berjalan sesuai kehendak Dia

Selamat belajar lewat pekerjaan dan jadi terang ditempat kamu bekerja ya !
Viryani said…
huah! gw seneng banget baca-baca cerita gini. apalagi kalo orangnya tuh gw kenal dan berinteraksi. berasa kalo God is so alive yo'i gak haha..

gw jadi inget banget pas lu cerita, kalo lu tanya Tuhan, dan seems Tuhan quiet. dan sekarang juga lu bilang masa2 3bulan adalah masa test.
Yep, bener banget tuh.

let's think this way. ketika di kelas lagi ujian, semua guru diem kan. it is when test is given.
and some goes to God as well. He is quiet when He give us a test. Yet whats make the difference is.. He is with us thru all the process :)

sometimes God cares more about our character than He does our comfort.
gampang banget benernya buat Tuhan untuk kasih lu lgsg masuk di company skrg, tpi ntar lu ga belajar kan hehe. (am talking to myself too! in this period of waiting SIGH) HAHAHA
Congrats sayy!!!
Yuki nike said…
@felhis: yup2, so true! ^^ thank you yaahhh, dikau jugaa semangat jadi terang!!

@ani: ya donk, God is indeed alive!
diem tapi bareng trus, tinggal mau ngeliat kita bisa tekun percaya aja.. ^^ Thank you noonnn!!! perjalanan masih panjang but with God, we shud hav no worry! #FIGHT!